6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku

 

Berita Maluku –  Maluku adalahwilayah kepulauan yang paling terkenal dengan buatan rempah-rempah terbesar di dunia, terutama pala dan cengkeh. Wilayah ini pernah dijajah oleh bangsa eropa, sebagaimana distrik lain di Indonesia, dengan destinasi utama ialah menguasai perniagaan rempah-rempah yang saat tersebut harganya sama dengan emas. Di samping itu tidak sedikit sekali keanehan yang dapat kamu temui di tanah raja-raja ini, dan bila Anda berniat mengunjungi tujuan wisata di sana, maka inilah ini ialah fakta-fakta menawan yang bisa kamu temui.

1. Bangunan Bedinding dari Pelepah Sagu
Pelepah sagu yang sudah dipisah dari dagingnya, ternyata dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah bangunan. Seperti yang ada pada masjid tua Wapauwe yang mengunakan beberapa bangunanya memakai bahan tersebut. Masjid ini pun adalahsalah satu masjid tertua di propinsi Maluku.

2. Tradisi Pengasingan
Indonesia mengenal bermacam-macam tradisi, demikian pun yang terjadi di Maluku. Ada tradisi pembuangan terhadap semua perempuan yang hamil atau sedang datang bulan. Mereka dipisahkan pada gubug kecil, tradisi ini dilaksanakan oleh suku Naulu.

3. Menjadi Nama Daerah Tertua Di Indonesia
Menurut daftar sejarah, propinsi Maluku diputuskan sebagai nama wilayah tertua di Indonesia. Hal ini diperlihatkan dengan ditemukannya suatu prasasati yang berdiri sama waktunya dengan Kerajaan yang terdapat di Timur Tengah pada masa pimpinan Firaun. Bahkan pimpinan gubernur telah terjadi sejak tahun 1522 hingga 1605.

4. Agama Mayoritas Islam
Agama Islam menjadi agama Mayoritas warga kepualauan Maluku, baru lantas Kristen Protestan dan Katholik. Data statistik wilayah menuliskan guna pemeluk doktrin Islam sejumlah 61 persen selebihnya Kristen Protesatan dan Katholik.

5. Bangunan Bersejarah
Banguan bersejarah yang sangat terkenal di Maluku, ialah benteng-bentengnya sama seperti banyak sekali bangunan bersejarah di Indonesia yang tidak jarang ditemukan. Sebab negara ini memang dulunya bekas jajahan dari negara lain. Sebab Maluku ditengarai penghasil rempah yang tidak sedikit diincar oleh bangsa asing sebagai penghangat tubuh ketika cuaca dingin. Contoh rempah-rempah yang dapat didatangi di Maluku ialah pala dan cengkeh. Peninggalan sejarah yang terdapat di Maluku misalnya ialah banteng Amsterdam yang di bina pada tahun 1512 yang terletak di Negeri Hila yang jaraknya 42 KM dari kota Ambon.

6. Destinasi Wisata Dan Kulinernya
Selain tersebut Maluku pun dikenal dengan tujuan wisata alam yang indah, tak kalah mengagumkan dengan wilayah lain, laksana : ragam pantai, danau, gunung, bangunan bersejarah dan kulinernya. Sebagai misal pantai Ora keindahannya menyamai pantai Maldieves, atau Ninivala yang merupakan telaga di atas awan pulau Seram. Sedangkan kuliner yang paling tak asing dikenal publik yakni papeda yang dimakan bareng gulai ikan. Papeda sendiri ialah bubur yang diubah dengan memungut bahan baku sagu sebagai bahan dasar pembuatannya, teksturnya lengket jernih rasanya tawar.

Mengupas mengenai Maluku rasanya tak akan berakhir ditulis dalam semalam. Itu semua ialah warisan kebiasaan dari semua leluhur kita, dan tidak boleh dilalaikan begitu saja keberadaannya. Meski kepulauan ini terbilang mungil bertolak belakang dengan pulau-pulau besar lain, tetapi ketenarannya lumayan membuat orang penasaran hendak datang ke sana. Anda barangkali salah satunya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *