7 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Lalapan Aromatik Yang Dikenal Dengan Nama Kemangi Berkhasiat Untuk: Meningkatkan Selera Makan, Menyehatkan Sperma dan Mencegah Kemandulan Serta Banyak Manfaat Lainnya. Kemangi yang anda kenal sekitar ini sebagai lalapan yang paling nimat, tenyata memiliki tidak sedikit manfaat untuk kesehatan. Biasanya daun kemangi disantap bareng lalapan lainnya laksana daun kubis, irisan ketimun, dan sambal dengan lauknya ikan atau ayam goreng.

Bagi yang sering santap ayam penyet dan pecel lele di warung pinggir jalan tentunya pernah menikmati nikmatnya bersantap ria dengan daun kemangi tersebut. Aromanya yang paling khas akan meningkatkan cita rasa makanan. Tak melulu di Indonesia. di Thailang kemangi juga lumayan disukai yang dikenal dengan nama manglak.

Daun kemangi berisi sekian banyak  nutrisi urgen seperti air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K. Meski jumlahnya sedikit, tetapi tetap saja kita dapat memanfaatkannya guna mengatasi sekian banyak  masalah kesehatan.

Tak melulu nikmat ketika disantap, daun kemangi diandalkan  dapat mengatasi sekian banyak  masalah kesehatan. Nah, kemudian apa saja guna daun kemangi untuk kesehatan tubuh manusia? Silahkan simak keterangan dari tanamanobat.id.

  1. Meningkatkan Selera Makan

Aroma khas yang terdapat pada daun kemangi dapat menambah selera makan. Tanpa mesti dimasak, daun kemangi akan menyerahkan cita rasa yang nikmat. Namun sebelum dikonsumsi, daun kemangi terlebih dahulu dibersihkan bersih. Nah, sambel terasi ialah teman yang sesuai untuk disantap bareng lalapan daun kemangi.

  1. Menyehatkan Sperma Dan Mencegah Kemandulan

Sperma yang sehat ialah faktor utama untuk pria guna mendapatkan kerturunan. Nah, untuk mengawal kesehatan sperma serta menangkal kemandulan, semua pria bisa mengonsumsi daun kemangi karena berisi senyawa arginine. Senyawa ini terbukti dapat memperkuat masa hidup sperma sekaligus menangkal kemandulan.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker ialah penyakit yang paling berbahaya. Bagi memerangi kanker, tubuh membutuhkan senyawa phytochemical yang dapat didapatkan dengan mengonsumsi kemangi. Di samping phytochemical, kemangi pun berisi senyawa urgen lain untuk menangkal kanker yaitu eugenol, asam rosmarinic, apigenin, myretenal, luteolin, β-sitosterol, dan asam carnosic.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Berdasarkan hasil riset yang dipresentasikan pada British Pharmaceutical Conference (BPC) di Manchester memutuskan Ekstrak kemangi segar efektif dalam membunuh molekul berbahaya, dan mencegah kehancuran sel yang diakibatkan oleh sejumlah radikal bebas di hati, otak, dan jantung. Selain tersebut kandungan antioksidan dalam kemangi pun dapat menghambat penuaan sel-sel tubuh, tergolong sel kulit.

  1. Mencegah Bau Mulut dan Bau Badan

Aroma wangi yang khas dapat dipakai untuk menanggulangi bau mulut dan bau badan. Cara membuatnya dengan merendam daun kemangi kemudian peras airnya. Setelah itu, campur tidak banyak dengan kunyit dan daun beluntas. Minumlah gabungan air daun kemangi ini secara teratur unutk menangkal bau mulut dan pun bau badan.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun kemangi diketahui mempunyai sifat antivirus, antijamur, dan pereda nyeri. Oleh karena tersebut daun kemangi dapat dipakai untuk mempercepat proses pengobatan luka serta menangkal terjadinya infeksi.

  1. Meredakan Stres

Daun kemangi mempunyai sifat antianxiety dan antidepresan guna melawan stres metabolik dengan teknik mengendalikan gula darah, desakan darah dan kadar lipid. Tidak melulu ginseng yang dapat membantu meredakan stres, namun daun kemangi pun memilki efek yang sama.

Sekian informasi mengenai guna daun kemangi untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga dapat meningkatkan wawasan kita tentang tanaman herbal yang berkhasiat sebagai obat herbal. Terima kasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *