MEMAHAMI BERBAGAI MACAM JENIS CONVEYOR

 

 

 

pulley laggingSistem conveyor adalahsalah satu sistem yang paling bagian dari unsur sistem buatan pada sebuah perusahaan. Sistem conveyor adalahalat mekanis yang bermanfaat untuk menolong perusahaan dalam mengerjakan proses pendistribusian (material handling) dengan usaha yang sangat minimum.

Kenapa anda sebagai pelaku usaha perlu memakai sistem conveyor? Seperti yang anda tahu proses pemindahan barang bukanlah suatu pekerjaan yang menyerahkan nilai ekonomis untuk suatu pekerjaan produksi.

Ketika saya dan anda bisa menekan masa-masa dan tenaga yang dipakai untuk mengerjakan pemindahan material maka secara tidak langsung anda telah menambah tingkat efektifitas dan efisiensi suatu pekerjaan produksi, yang berefek pada keterampilan perusahaan untuk menambah keuntungan.

Walaupun ketika ini terdapat sekian banyak macam jenis sistem conveyor, tetapi pada lazimnya pada dasarnya seluruh akan membutuhkan frame yang bermanfaat untuk mendukung entah tersebut roller, roda, ataupun belt yang akan dipakai untuk mengalihkan proses pendistribusian barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Proses pemindahan material dapat saja dilaksanakan dengan pertolongan tenaga mesin berupa motor, atau gravitasi, bahkan dapat juga manual. Jenis-jenis conveyor yang dipakai untuk mengerjakan proses pemindahan material mempunyai variasi yang berbeda-beda sehingga saya dan anda butuh mengetahui destinasi dan jenis material yang akan anda pindahkan.

6 SPESIFIKASI YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMILIHAN CONVEYOR
KAPASITAS MUAT PER PANJANG UNIT
Pihak manufaktur butuh menilai kapasitas yang dibutuhkan untuk mengalihkan material per jamnya sehingga saya dan anda bisa menilai dimensi dan spesifikasi conveyor yang dibutuhkan pihak manufaktur.

BATAS MAKSIMAL KAPASITAS MUAT
Batas maksimal kapasitas muat erat kaitannya dengan kapasitas muat per panjang unit. Nilai dari batas maksimal kapasitas muat bisa ditentukan saat dimensi dan spesifikasi conveyor sudah kita ketahui.

RATA-RATA KECEPATAN SISTEM BELT CONVEYOR
Biasanya nilai yang diserahkan untuk kapasitas dari pemakaian sistem belt conveyor ialah berapa kecepatan belt conveyor dalam satuan meter/menit. Namun conveyor jenis lainnya juga seringkali menggunakan nilai yang sama laksana sistem belt conveyor.

HASIL AKHIR YANG DIHASILKAN
Hasil akhir yang didapatkan akan menilai nilai kapasitas dari suatu sistem conveyor dalam mengalihkan material yang diinginkan. Sebagai contoh, seringkali nilai output yang dihasilkan ialah volume/satuan waktu, laksana kg/menit.

KONFIGURASI FRAME CONVEYOR
Konfigurasi frame conveyor mengacu pada format dari frame sistem conveyor. Frame dari sebuah sistem conveyor berbeda-beda bentuknya, terdapat yang melulu lurus, melengkung, berbentuk “Z”, dan bentuk-bentuk lainnya yang dicocokkan dengan kebutuhan.

LOKASI MESIN PENGGERAK DRIVE
Mesin penggerak drive dapat ditaruh di sekian banyak posisi pada sistem conveyor. Sebuah head atau end drive yang adalahjenis drive sangat umum seringkali akan anda temukan di unsur ujung sisi sebuah conveyor.

Sedangkan guna center drive tidak tidak jarang kali dengan namanya yang berarti tengah, tetapi center drive ditaruh diantara sepanjang sistem conveyor dan akan ditaruh di bawah sistem conveyor tersebut. Drive dipakai untuk menilai arah putaran yang berefek pada arah pergerakan sistem conveyor.

JENIS-JENIS CONVEYOR
BELT CONVEYOR
Belt conveyor adalahsistem material handling yang memakai belt untuk mengalihkan material secara terus menerus. Belt conveyor bakal berjalan terus menerus diantara dua pulley yang berputar.

Biasanya di antara atau semua dari pulley bakal mempunyai roll di unsur bawahnya. Bagian conveyor belt lazimnya akan ditolong dengan memakai sebuah pengampu berupa alas besi guna beban yang ringan saat tidak terdapat gesekan atau dengan memakai rollers.

Tenaga pada belt conveyor bakal ditenagai dengan mesin motor yang akan menyerahkan kecepatan yang bervariasi atau dengan kecepatan konstan, cocok dengan keperluan yang diperlukan.

Material yang dipakai sebagai beltnya sendiri terdiri dari sekian banyak jenis, dimana masing-masing jenisnya memiliki faedah pemakaian dan keunggulan masing-masing. Beberapa jenis material yang seringkali digunakan sebagai bahan material belt conveyor ialah karet, plastik, kulit, kain, dan logam.

Jika kita hendak memindahkan material dengan beban yang berat maka usahakan kita memakai belt conveyor dengan ketebalan yang lebih tebal sampai-sampai nantinya belt conveyor tersebut dapat menahan beban yang berat tersebut.

Belt conveyor umumnya membutuhkan tenaga guna nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik cocok dengan kecepatan yang diperlukan. Belt conveyor sendiri dapat beroperasi baik bidang datar maupun dengan bidang kemiringan tertentu.

Belt conveyor dapat untuk mengalihkan material dengan ukuran yang besar dengan jumlah yang banyak. Tentu saja ukuran belt conveyor yang semakin besar akan memprovokasi harga belt conveyor per meter.

ROLLER CONVEYOR
Roller conveyor akan memakai roller dengan posisi paralel yang terpasang pada suatu frame supaya nantinya dapat mengalihkan material yang diharapkan baik dengan memakai mesin motor, gravitasi, ataupun secara manual.

Beberapa urusan yang paling perlu diacuhkan jika kita memakai roller conveyor ialah diameter dari roller yang dipakai dan dimensi dari as roller tersebut.

Kita seringkali akan memakai roller conveyor untuk menolong kita mengalihkan material pada loading docks laksana paket-paket yang akan diantarkan oleh pihak-pihak ekspedisi atau pada lokasi perkaitan.

Roller conveyor jenis biasa tidak memakai tenaga dari motor guna menggerakkannya namun memakai gaya gravitasi guna posisi dengan kemiringan tertentu atau secara manual andai posisinya sejajar tanpa sudut kemiringan.

Model frame dari roller conveyor dapat hanya lurus atau berbelok tergantung dari keperluan dan luas lokasi yang dibutuhkan untuk memakai sistem roller conveyor.

POWERED ROLLER CONVEYOR
Powered roller conveyor adalahjenis yang sama dengan roller conveyor, melulu saja pada powered roller conveyor dalam menggerakkannya anda akan memakai tenaga dari motor.

Beberapa urusan yang paling perlu diacuhkan pada powered roller conveyor nyaris sama dengan roller conveyor yakni diameter dari roller yang digunakan, dimensi dari as roller, dan ekstra berupa tipe drive yang digunakan.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *