Review iPhone 5C

Sejak rilisnya pada September 2013 lalu, iPhone 5C dinyatakan sebagai ponsel unggulan Apple pada masanya. Di samping tampilan casing plastik polikarbonat trendy dengan warna-warni pastel ceria, gawai penerus iPhone 5 ini pun dilengkapi kamera 8 MP yang mumpuni.

Dari segi harga yang di jual di amazon shop, iPhone 5C lebih terjangkau dikomparasikan pendahulunya, iPhone 5. Cukup dengan Rp1.000.000 (harga bekas) saja, Anda telah dapat mempunyai ponsel tersebut. Hampir seluruh fitur pada spesifikasi kedua gadget itu sama, kecuali casing dan jumlah kapasitas kenangan internalnya.

Meski masih diminati, ponsel yang telah tidak diproduksi lagi semenjak September 2014 ini bakal sulit bersaing dengan gadget teranyar tahun 2019. Banyak fiturnya yang telah ketinggalan zaman. Apple telah akan merilis iOS 13, sedangkan iPhone 5C masih memakai iOS 7.

 

Tampilan Casing dan Layar yang Menarik

Strategi Apple ketika merancang iPhone 5C ialah menggunakan bahan plastik polikarbonat guna casing bodinya. Berbeda dari iPhone 5 dan iPhone 5S yang dibungkus dalam aluminium. Sehingga harganya dapat ditekan.

Dengan mutu 132 gram dan dimensi 124,4×59,2×8,97 milimeter, iPhone 5C terhitung lebih tebal dan berat dikomparasikan iPhone 5 dan iPhone 5S. Hadir dalam warna-warni pastel ceria (putih, biru, hijau, kuning, dan pink), ponsel pintar ini tidak sedikit diminati wanita.

Meski tidak dilapisi anti-gores dan oleophobic coating, iPhone 5C juga digemari karena layarnya yang berukuran 4 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi 1136×640 piksel, sampai-sampai lebih enteng dan gampang masuk saku celana.

 

Daya Chipset dan RAM yang Mumpuni

Seperti pendahulunya, iPhone 5C diberi kekuatan chipset Apple 6, RAM 1GB, dan sistem operasi iOS 7. Gawai ini pun dibekali GPU PowerVR SGX 543MP3 dengan triple-core pada sektor pengelolaan grafis. Sangat mumpuni di eranya!

Soal penyimpanan, iPhone 5C tidak dilengkapi dengan lubang guna kartu kenangan eksternal. Bila kita tertarik guna membelinya, Anda telah harus lumayan puas dengan kapasitas kenangan internalnya yang terbagi dalam tiga pilihan, yakni 8GB, 16GB, serta 32GB.

 

Kombinasi Sangar antara Kamera 8 MP dan 1,2 MP

Untuk memungut gambar, kamera utama iPhone 5C beresolusi 8MP dan didukung dengan fitur LED flash, aperture f/2.4, dan facial recognition. Meskipun tergolong ukuran resolusi standar, hasil jepretan kamera ini lumayan jernih dan memuaskan.

Sayangnya, untuk Anda yang memiliki kegemaran selfie, kamera depan iPhone 5C tidak bisa benar-benar memuaskan hati. Ukuran resolusinya yang melulu 1,2MP tidak bisa menghasilkan potret selfie yang jernih.

Kombinasi duo kamera ini pun dapat merekam video berbobot | berbobot | berkualitas High Definition beresolusi 1080p (kamera belakang) dan 720p (kamera depan). Cukup sangar guna kamera ponsel sekelasnya, bukan?

 

Peningkatan pada Daya Baterai

Salah satu urusan yang memisahkan iPhone 5C dari pendahulunya ialah baterai yang ditanam dalam bodi ponsel tersebut. Meski tidak bisa dibongkar-pasang, baterai ini telah merasakan peningkatan daya dari 1440 mAh (untuk iPhone 5) sampai menjadi 1510 mAh.

Daya baterai yang telah dinaikkan oleh Apple ini memungkinkan pemakainya untuk menelepon dan memutar video sekitar 10 jam dalam sehari. Dengan daya baterai ini, iPhone 5C pun dapat stand by sampai 250 jam. Penggunaan internet 3G pun sampai 8 jam.

 

Kelebihan iPhone 5C

Dalam sektor dapur pacu, iPhone 5C dilengkapi sistem operasi iOS 7 yang dapat dinaikkan hingga iOS 10.3.3. Chipset Apple 6 yang disertakan pun dapat mempercepat kinerja ponsel sejumlah 1.3 GHz.

Kamera utama gawai ini beresolusi 8MP yang dapat menghasilkan foto-foto berkualitas, plus fitur lainnya yang dapat menyokong kejernihan potret seperti dual LED, auto-focus dan Sony Exmor R IMX145 (sensor yang menciptakan gambar menjadi berbobot | berbobot | berkualitas High Definition).

Gadget ini dilengkapi Siri, asisten individu yang cerdas serta navigator pengetahuan. Aplikasi yang adalahsalah satu pesona iPhone ini dapat membalas pertanyaan, memberi saran, dan mendelegasikan permintaan ke layanan Web.

 

Kesimpulan

Meskipun iPhone 5C paling fashionable dari sisi tampilan, tidak sedikit fiturnya yang sudah

tertinggal jauh, sampai-sampai berisiko menyulitkan pemakai dalam mengakses internet.

Lagi pula, di harga yang tidak cukup lebih sama, sekarang sudah tidak sedikit ponsel Android yang

menyaingi spesifikasi iPhone 5C. Contohnya, Huawei P9 dan Oppo F1s dari sisi kamera.

Atau, Samsung Galaxy S7 dan Xiaomi Mi5 dari sisi performa RAM dan prosesor.

Untuk itu, butuh dipertimbangkan lagi secara matang sebelum Anda menyimpulkan untuk

membeli ponsel iPhone 5C yang telah tergolong ponsel “jadul” ini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *